- See more at: http://www.exeideas.com/2012/02/all-in-one-seo-pack-plugin-for-blogger.html#sthash.zomQZy6X.dpuf

Rabu, 24 April 2013

PENYEBAB TERJADINYA RACUN DALAM MAKANAN


Kasus keracunan merupakan hal yang sangat sering kita dengar di masyarakat, sampai keluarga ikut panik. Mengapa hal itu sering terjadi ????
Penyebab keracunan ada beberapa cara diANTARANYA :
1.    Pangan diolah dengan menggunakan bahan baku yang tidak aman, misalnya dari ikan dan hasil laut dari perairan tercemar, atu sayur dan buah dari lingkungan yang tercemar.
2.    Pendinginan pangan yang tidak sempurna dan penurunan suhu hingga suhu aman ( <5®C) dilakukan terlalu lama.
3.    Adanya waktu tunggu dari persiapan bahan ke proses pemanasan atau pemasakan. Jarak waktu dari persiapan  (lebih dari 4 jam sebelum disajikan) dan disimpan pada suhu ruang memungkinkan mikroba untuk tumbuh dan berkembang biak.
4.    Bahan  makanan bisa tercemar zat kimia beracun maupun bakteri pathogen, virus, parasit, dan protozaoa selama tahap produksi, proses, transportasi, penyiapan, penyimpanan, maupun penyajiannya.
5.    Ketidakcukupan panas untuk membunuh bakteri pada waktu proses pemanasan ulang pangan matang. Karena jika pemanasan ulang dilakukan pada suhu 60 ®C atau lebih rendah, hal ini akan merangsang pertumbuhan mikroba.
6.    Penanganan pangan sisa yang tidak tepat, misalnya pangan yang sudah tidak dipakai harus dibuang atau ditempatkan jauh dari pangan yang siap dikonsumsi.

2 komentar: