- See more at: http://www.exeideas.com/2012/02/all-in-one-seo-pack-plugin-for-blogger.html#sthash.zomQZy6X.dpuf

Selasa, 11 Juni 2013

Ekspor (1)

Ekspor merupakan bagian yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Kegiatan ekspor memberikan lapangan kerja bagi banyak orang serta menghasilkan devisa bagi negara. Peningkatan dan pengembangan ekspor diharapkan dapat memperoleh devisa dan meningkatkan investasi yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. 

Pemerintah terus berupaya mencari berbagai terobosan dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan ekspor ke manca negara dengan melakukan pembinaan dan promosi ekspor. Dengan kebijakan tersebut diharapkan kesempatan melakukan ekspor semakin terbuka sejalan dengan globalisasi ekonomi yang sudah berjalan dan tidak dapat dihindari oleh semua negara.

Perkembangan pesat perdagangan bebas membawa dampak ekspansi perdagangan dunia, semakin berkurangnya hambatan perdagangan dan meningkatnya perdagangan antar negara. Berkurangnya hambatan perdagagan menimbulkan peluang yang besar bagi negara-negara di dunia untuk memperluas jangkauan perdagangannya ke luar negeri.

Dalam rangka mendorong ekspor secara menyeluruh, identifikasi komoditi ekspor unggulan harus dilakukan agar komoditi ekspor Indonesia memiliki competitive advantage di pasar internasional. Identifikasi komoditi ekspor mencakup berbagai kegiatan antara lain diversifikasi produk dan diversifikasi pasar tujuan ekspor.

Kegiatan ekspor meningkat pesat setelah pemerintah menggalakkan ekspor non migas akibat penerimaan dari sektor minyak dan gas tidak dapat diandalkan. Kebijakan yang dilakukan pemerintah berkaitan dengan hal tersebut diantaranya memberikan insentif ekspor. Dengan adanya kebijakan tersebut, nilai dan volume ekspor meningkat, struktur ekspor menguat, komoditi ekspor yang diperdagangkan semakin beragam dan negara tujuan ekspor semakin banyak.


0 komentar:

Posting Komentar